Yuk! Intip Keseruan Festival Ramadhan 2023 SMA Negeri 1 Bululawang

Halo- hai Sobat semua!

Gimana nih kabarnya? Semoga tetap dalam keadaan sehat ya.

      Tau gak sih kalian? Kalau SMA Negeri 1 Bululawang baru aja mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan ini. Pada hari Senin, tepatnya tanggal 17 April 2023 dilaksanakan Festival Ramadhan bertajuk “The Joy of Ramadhan” yang berarti kegembiraan Ramadhan. Tema yang diambil merupakan penggambaran dari semarak bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Bululawang. Festival Ramadhan sendiri disambut meriah oleh warga Smaneb, sebab ini merupakan kali pertama pelaksanaannya. Festival ini juga terbuka untuk khalayak umum loh! Jadi, warga di sekitar sekolah juga bisa datang, dan gratis tanpa dipungut biaya.

      Kegiatan Festival Ramadhan diresmikan dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Ibu Hari Kusrini, S.Pd., M.M selaku Kepala SMA Negeri 1 Bululawang. Dalam Festival Ramadhan ini para siswa per kelas mendirikan stan bazar makanan dan minuman takjil, dengan tema dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Begitu banyak ragam kuliner yang ditawarkan mulai dari daerah Sumatra hingga Nusa Tenggara. Ditambah dengan kemasan yang menarik dan kekinian, sehingga dapat membuat mata berbinar. Hmm sungguh menarik bukan? Tidak hanya sampai di situ. Keceriaan suasana ditambah dengan kostum siswa penjaga bazar yang menggunakan pakaian daerah asal provisi. Kegiatan ini juga dapat membuat siswa lebih mengenal kuliner asli Indonesia loh Sobat!

      “Makanannya itu banyak macamnya, menurutku menarik bahkan ada di satu stan itu aku udah kehabisan. Kemarin aku kehabisan baso aci sama kue padamaran. Padahal aku pengen banget”. Ungkap Salwa salah satu pengunjung Festival Ramadhan.

      Semarak kegiatan terasa ketika warga sekolah berbondong-bondong berbelanja kesana kemari. Puncak keseruan siswa terjadi ketika penampilan lagu religi oleh siswa perwakilan kelas. Seluruh pengunjung tampak menikmati dengan antusias. Tampak begitu banyak siswa memenuhi bagian depan panggung.

      Selain dari dua hal di atas, hal yang menjadi pusat perhatian para pengunjung adalah produk khas dari siswa double track. Sebelumnya Sobat semua udah pada tau belum sih, double track itu apa? Jadi, double track adalah kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Nah, SMA Negeri 1 Bululawang sendiri merupakan SMA yang ikut serta dalam program SMA double track yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Program double track yang diikuti SMA Negeri 1 Bululawang sendiri yakni kelompok tata boga dan kelompok desain grafis. Kedua Kelompok double track ini juga membuka stan bazar dengan produk unggulan masing-masing.

      Anggota double track tata boga mengusung tema kuliner dengan inovasi menggunakan bunga telang sebagai bahan ciri khas produk. Penggunaan bunga telang digunakan dengan tujuan sebagai inovasi berbasis kearifan lokal. Sobat semua tau gak sih kalau produk inovasi bunga telang ini hasilnya menarik loh? Dengan ciri khas warna ungu bunga telang, anggota double track tata boga dapat menghasilkan beberapa produk seperti cookies bunga telang, stik bunga telang, es bunga telang lemon madu, es boba bunga telang, puding lumut bunga telang, dan sirup bunga telang. Wah keren ya inovasinya!

      Double track desain grafis juga tidak mau kalah loh Sobat! Kelompok desain grafis sendiri menekuni bidang percetakan. Pada bazar Festival Ramadhan ini telah menjual beberapa produk seperti mug, pin, gantungan kunci, payung dan amplop lebaran. Dari semua produk tersebut desain bisa disesuaikan dengan keinginan kita loh Sobat, kalau zaman sekarang kerennya disebut custom sih ya. Banyak sekali order mug dengan desain yang begitu kreatif. Terdapat berbagai macam desain mug dan pin yang ditampilkan pada bazar kemarin. Gak hanya itu, Sobat semua juga bisa memesan gambar wajah kita dengan gaya kartun dan bisa selesai saat itu juga tanpa menunggu waktu lama, keren ya! Para pengunjung begitu antusias, karena proses pencetakan produk dapat dilihat secara langsung.

      “Jujur aku suka sama mug-nya , desainnya cantik. Gambar yang ku kirim agak blur tapi di mug jernih banget. Makasih ya buat desain grafis”. Ungkap Dwisa salah seorang pengunjung bazar double track desain grafis.

    Kegiatan Festival Ramadhan ini berakhir pada pukul 17.00. Para siswa berbondong-bondong mengemasi segala perlengkapan bazar mereka, karena produknya habis terjual laris manis. Kegiatan ditutup dengan penampilan siswa dari kelas X MIPA 4 Atsalatsa dengan lagu ‘Deen Assalam’. Acara berjalan lancar dan sukses, dengan penuh keceriaan.

Ngabuburit cari serbat tomat

Belinya di kedai Bu Susi

Cukup sekian ya Sobat

Perjumpaan kita kali ini

Sampai jumpa Sobat semua!

Penulis : Leli Devina Yanti Amelia

SMA NEGERI 1 BULULAWANG

KARYA CANTYA GUNITA BAKTI BUANA

Info Terbaru

22 Siswa dan Siswi SMANEB Diterima di Perguruan Tinggi Pada Jalur SNBP 2024

Berikut Jadwal PPDB JATIM !!

Ke Amerika! Coach Bisma (Basket SMANEB) resmi terpilih sebagai coach Skuad Elite DBL Indonesia