SMAN 1 Bululawang Gelar Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesai (UKBI)

Bululawang – SMAN 1 Bululawang menggelar acara sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Selasa (27/09/2022). Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang pada tahun pelajaran ini akan menyeleseikan studinya di SMAN 1 Bululawang. Para siswa begitu antusias melaksanakan acara yang digelar di aula SMAN 1 Bululawang ini.

Dalam sosialisasi yang juga dihadiri oleh seluruh guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bululawang ini dikemukakan bahwa alur pelaksanaan UKBI dimulai dari tahap Persiapan, Pendaftaran, Pengujian sampai Sertifikasi.

Kegiatan ini dimulai dengan motivasi yang lakukan oleh Plt Kepala SMAN 1 Bululawang Eny Retno Diwati,S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya beliau mengatakan  bahwa Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia diselenggarakan sebagai bentuk untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulisan, serta sebagai bentuk motivasi untuk mengutamakan bahasa Indonesia.

Beliau berharap melalui kegiatan UKBI ini dapat meningkatkan pemahaman berbahasa Indonesia, serta meningkatkan semangat anak – anak untuk menggunakan Bahasa Indonesia.

Acara berikutnya adalah materi sosialisasi UKBI yang disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bululawang Ninik Srirahati, S.Pd.  dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa “UKBI ini ibarat TOEFLnya Bahasa Indonesia , dengan UKBI ini kita berharap bisa meningkatkan gairah dan semangat anak – anak khususnya di SMAN 1 Bululawang untuk mencintai bahasa Indonesia, serta tetap melestarikan budaya lokal”.

“Jadi materi yang diujikan pada UKBI ini meliputi uji kemahiran mendengar, membaca, menulis, berbicara, dan kaidah kebahasaan. Dimana melalui kegiatan UKBI ini dapat diketahui kemahiran apa yang perlu ditingkatkan seseorang serta dapat meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia.” Jelas Ninik Srirahati,S.Pd, Selasa (27/09/2022)

Dalam acara kali ini juga dilaksanakan penjelasan mengenai tatacara sekaligus praktek tentang proses pendaftaran UKBI yang disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bululawang Maulana Iskandar Muda, S.Pd.

Acara terakhir ditutup dengan doa yang dipimpin Ibu Siti Qomariyah,S.Pd yang juga merupakan Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bululawang.

Diharapkan kedepan , UKBI akan menjadi agenda rutin yang digunakan sebagai standar kemahiran berbahasa Indonesia bagi siswa SMAN 1 Bululawang. (DMA)

,

SMA NEGERI 1 BULULAWANG

KARYA CANTYA GUNITA BAKTI BUANA

Info Terbaru

22 Siswa dan Siswi SMANEB Diterima di Perguruan Tinggi Pada Jalur SNBP 2024

Berikut Jadwal PPDB JATIM !!

Ke Amerika! Coach Bisma (Basket SMANEB) resmi terpilih sebagai coach Skuad Elite DBL Indonesia